Home TRADING SAHAM DATA & STATISTIK Harga Jual Listrik Tekan Bisnis PT Austindo

Harga Jual Listrik Tekan Bisnis PT Austindo

381
0
SHARE

PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJT) sudah menyelesaikan penjualan seluruh investasi di PT Darajat Geothermal Indonesia pada akhir bulan September lalu. Dalam investasi yang ditawarkan tersebut, Star Energy Geothermal (Darajat-Salak) BV dan PT Barito Pacific Tbk (BRPT) menjadi pembeli aset senilai US$ 30,14 juta itu.

Pasca penjualan tersebut, sepanjang bulan Oktober 2017 kontribusi dari segmen energi terbarukan hanya berasal dari pembangkit listrik tenaga biogas di pulau Belitung. Namun bisnis dari aset tersebut juga masih mencatatkan kerugian. Kerugian tersebut berasal dari tarif pembelian listrik yang dilakukan PLN masih jauh dibawah dari biaya pokok penyediaan (BPP) pembangkitan untuk wilayah Belitung.

BPP pembangkitan Pulau Belitung untuk tahun 2016 dikeluarkan pada 15 Maret 2017 yaitu sebesar Rp 1.619 perkwh. Sementara itu tarif pembelian oleh PLN kepada ANJT yaitu sebesar Rp 975  perkwh. Adanya ketimpangan harga inilah yang membuat bisnis energi ANJT terlihat lesu.

Laporan keuangan ANJT pada kuartal kedua 2017, pendapatan segmen bisnis konsesi jasa berupa energi terbarukan selama semester I-2017 hanya menyumbang sebesar US$ 3,17 juta. Angka tersebut mengalami penurunan dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai US$ 3,19 juta.