Home Saham GMF Pangkas Nilai Emisi IPO

GMF Pangkas Nilai Emisi IPO

436
0
SHARE

Sebelumnya PT GMF AeroAsia mengumumkan akan melangsungkan initial public offering (IPO). Banyak yang sudah menantikan kehadiran GMF di Bursa. Perhelatan IPO dari GMF berakhir anti klimaks, sebab dana segar yang didapat tidak maksimal karena jumlah emisi yang luncurkan akan dipangkas.

Pada awalnya GMF akan melepas 10.89 miliar saham atau sekitar 30% daru modal ditempatkan dan disetor penuh. Dari jumlah tersebut. 20% akan dilepas ke pasar dan 10% sisanya dialokasikan untuk investor strategis.

Namun pada kenyataannya, hanya 10% saham yang terjual ke pasar sementara porsi 10% untuk investor strategis masih belum jelas hasinya. Diwaktu yang bersamaan, harga pelaksanaan saham GMF Rp 400 per saham mendekati rentang bawah harga pelaksanaan sebelumnya, Rp 390-Rp 510 per saham. Sehingga anak usaha dari PT Garuda ini hanya bisa meraup Rp 1.27 triliun dari toal yang ditargetkan sebesar lebih dari Rp 5 triliun.

Kondisi pasar saham yang belum stabil menjadi faktor utama GMF harus memangkas jumlah emisinya. Pihak perusahaan masih enggan berkomentar terkait hal tersebut, namun nanti dikabarkan akan segera menyampaikan secara rinci namun masih belum dipastikan waktunya.

Saat ini perusahaan masih menunggu pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Nanti setelah itu, publikasi baru bisa diterbitkan .

Jika tidak ada hambatan, sekitar 60% dana dari IPO akan digunakan perusahaan untuk pengembangan kapabilitas dan kapasitas. Kemudian, 25% dana untuk modal kerja. Sisanya, sebesar 15% akan digunakan GMF untuk melunasi sebagian utang.