Home INVESTASI SAHAM Ekonomi Mikro & Makro Emiten Rokok Seakan Tidak Pernah Goyang

Emiten Rokok Seakan Tidak Pernah Goyang

406
0
SHARE

Sepertinya tidak akan berlebihan jika Rokok disamakan dengan Sembilan Bahan Pokok (Sembako). Sebab fakta ini memang yang terjadi, walaupun iklan dan segala bentuk promosi rokok terus dikurangi namun nyatanya konsumsi dan produksi rokok tidak pernah goyang dan penjualan masih cukup tinggi.

Kita bisa melihat dari kinerja Emiten Rokok seperti PT Gudang Garam Tbk (GGRM) dan PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk (HMSP) yang masih mampu menghasilkan kinerja yang cukup positif. Pada semester pertama 2017, penjualan HMSP dan GGRM mengalami pertumbuhan masing masing 11% dan 3% year-on-year (yoy). Namun nilai belanja iklan dari emiten tersebut mengalami penurunan selama semester pertama tahun ini.

Penurunan belanja iklan rokok merupakan dampak dari regulasi pemerintah yang membatasi iklan rokok. Seperti iklan rokok di televisi yang hanya boleh tayang pada pukul 22.00. sehingga penurunan belanja iklan bukan karena sentimen dari emiten namun karena adanya pembatasan ruang gerak Emiten Rokok.

Akibat adanya pembatasan iklan, membuat emiten menghemat untuk belanja iklan Inilah yang menjadi penyebab belanja iklan emiten rokok turun signifikan, rata-rata sebesar 29%. Walaupun ada keterbatasan ruang gerak namun pencapaian kinerja emiten rokok masih sangat positif. Kinerja maksimal dan mengalahkan prediksi pasar. Dan terlihat dari laba margin, laba margin industri rokok paling tinggi dibandingkan sektor lainnya.,