Home Saham Emiten Ritel Masih Terancam

Emiten Ritel Masih Terancam

88
0
SHARE

Bisnis emiten ritel saat ini masih dalam ancaman, mengingat ditutupnya beberapa gerai disepanjang tahun ini. terbaru, PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) yang melepas flagship segmen departement store nya yaitu Lotus dan Debenhams.

Faktor utama yang menjadi tantangan untuk emiten di sektor ritel adalah faktor daya beli. Daya beli masyarakat kini sudah banyak yang berubah. Penutupan toko yang kini terjadi kini karena pelemahan ekonomi di kondisi makro sekarang ini.

Faktor daya beli memang bukan satu satunya pemberat dalam sektor ini. namun semakin banyaknya gempuran dari e-commerce juga memberikan pengaruh terhadap kelangsungan bisnis emiten disektor ritel. Tidak hanya dibisnsi fashion, ancaman dari online marketplace juga berimbas pada ritel dengan berbagai macam produk seperti gadget, bahan bangunan dan lainnya.

Secara fundamental, e-commerce juga sudah mengancam ritel dalam jangka panjang. Ditambah dengan ritel yang sulit mendiversifikasikan bisnisnya ke sektor e-commerce. Walaupun banyak emiten ritel yang menajajal penjualan online, namun persaingannya sangat berat.

Tahun depan penetrasi e-commerce masih berada pada tahap awal, sehingga masih memiliki peluang untuk emiten ritel mencatatkan pertumbuhan. namun untuk investor, ada baiknya tidak memilih emiten ritel untuk investasi jangka panjang.