Home PASAR SAHAM BURSA SAHAM Emiten Properti Masih Lesu Pada tahun ini

Emiten Properti Masih Lesu Pada tahun ini

574
0
SHARE

Pada tahun 2016 lalu, bisnis properti di Indonesia mengalami kelesuan, hal ini sangat berimbas terhadap kinerja emiten properti. Namun ditahun 2017 ini, bisnis properti masih belum mengeluarkan gejolak untuk bangkin. Sejak awal tahun, bisnis properti masih berjalan lambat. Salah satu indikasinya adalah harga saham dari emiten properti dan bisa terlihat dari pergerakan indeks properti di Bursa. Terhitung dari awal tahun hingga saat ini secara year-to-date (ytd). Indeks properti dibursa menyusut 1.58% menjadi 509.63.

Walaupun mengalami penyusutan di indeks properti namun laju saham dari emiten properti PT Alam Sutera Realty Tbk (ASRI) terbilang masih cukup aman. Berbeda dengan emiten lainnya, harga saham ASRI dari awal tahun 2017 berhasil mencatatkan kenaikan 7.87%. namun kinerja Emiten pada tahun lalu masih jauh dari target.

Pendaptan pra penjualan ASRI pada tahun lalu naik 77% menjadi Rp 3.4 triliun. Walaupun mengalami kenaikan namun tidak sesuai target yang sudah ditetapkan yaitu sebesar Rp 5triliun. Pencapaian ASRI hanya menembus 68% dari target perusahaan yang cukup besar pada tahun lalu.

Sepanjang tahun ini, emiten properti masih terlihat masih lesu. Diprediksi kinerja ASRI pada tahun ini masih naik tipis. Diprediksi kenaikan akan didapat dari sektor marketing sales. Diprediksi Marketing Sales ASRI naik 10% menjadi Rp 3.8 triliun. Proyeksi Buana Capital setara 76% dari target manajemen ASRI senilai Rp 5 triliun.