Home PASAR SAHAM Emiten BUMN Punyak Banyak Cara Untuk Cari Pendanaan

Emiten BUMN Punyak Banyak Cara Untuk Cari Pendanaan

270
0
SHARE

Rezim penyertaan modal negara (PMN) untuk emiten Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sudah berakhir. Saat ini Manajemen emiten plat merah tersebut harus mengatus startegi untuk menutup pendanaan. Salah satunya dengan ekspansi bisnis ke sektor infrastruktur yang punya peluang cukup besar untuk meraup dana.

Komodo Bonds menjadi salah satu instrumen pendanaan yang cukup fresh. Komodo Bonds tidak jauh berbeda dengan obligasi konvensional lainnya. Namun yang jadi pembeda adalah dalam instrumen ini menggunakan denominasi rupiah. Sehingga membuat Komodo Bonds ini menjadi sangat menarik.

Komodo Bonds diterbitkan dengan menggunakandenominasi rupiah, sehingga emiten sudah memangkas satu risiko yaitu fluktuasi kurs. Produk ini cukup menarik minat invesornya. Calon investor biasanya akan berpikiran sesuatu yang baru seharusnya menjadi lebih menarik.  Kupon menjadi salah satu faktor utama yang menentukan surat utang itu bisa diserap pasar internasional atau tidak.

Sebab, rupiah bukan kurs kuat seperti dollar AS atau yuan China. Sehingga tinggi rendahanya kupon menentukan minat investor. Obligasi negara dengan tenor 10 tahun ini bisa menjadi benchmark. Dengan selisih 5 basis point hingga 10 basis point diatas benchmark yang menjadi ketertarikan.

Seperti diketahui, kupon obligasi negara dengan tenor 10 tahun dilevel 6.8% hingga 7%. Dan kupon Komodo Bonds selisih 5 basis point jadi sekitar 7.3%