Home INVESTASI SAHAM Pergerakan Mata Uang Dollar AS Ikut Menyeret Emiten Batubara

Dollar AS Ikut Menyeret Emiten Batubara

69
0
SHARE

Ditengah Dollar AS yang sedang dalam tren penguatan, saham emiten batubara menjadi pilihan yang menarik unuk para investor. Akibat penguatan dollar ini, saham disektor pertambangan terpantau menguat tipis 0.02%. dilihat secara year to date (ytd), saham sektor ini sudah naik 5.8%. sementara itu, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) naik 11,67% (ytd)

Penguatan Dollar As terhadap sejumlah mata uang memberikan sentimen positif untuk harga batubara. Seperti sentimen dari Amerika yang merilis data ketenagakerjkaan yang menyebutkan jika menaikan upah sebesar 2.9% yang pada akhirnya ikut menopang laju mata uang negeri paman sam tersebut.

Penguatan Dollar AS dimanfaatkan dengan baik oleh investor dengan trading saham emiten batubara. Selain itu, sentimen domestik yang masih minim membuat isu internasional menjadi perhatian investor. Namun untuk saat inti, para investor banyak yang fokus pada sektor batubara.

Menjelang rilis laporan keuangan emiten, batuara masih menjadi incaran untuk pelaku pasar. Namun setelah dirilis, bisa saja investor akan beralih ke sektor lain. Sampai saat ini, pergerakan harga saham emiten batubara banyak dipengaruhi harga komoditas. Saat harga komoditas menguat, maka harga saham berpotensi akan terkerek.