Home PASAR SAHAM Dana Asing Keluar Masuk Pasar Saham Indonesia, Apa penyebabnya?

Dana Asing Keluar Masuk Pasar Saham Indonesia, Apa penyebabnya?

463
0
SHARE

Aliran dana asing masih keluarmasuk pasar saham tanah air dengan signifikan selama beberapa waktu belakanganini. Pada pekan lalu, Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat aksi jual saham oleh investor asing sangat besar. Tercatat jual bersih (nett sell) asing pada perdagangan pekan lalu mencapai Rp 2.31 triliun.

Lalu di pasar reguler masih didominasi aksi jual oleh asing sebesar Rp 1.65 triliun. Lalu di pasar negosiasi dan pasar tunai aksi jual oleh asing sebesar Rp 653.33 miliar. Ada beberapa faktor yang menyebabkan semakin gencarnya dana asing keluar masuk pasar saham Indonesia, seperti fund manager yang kini sudah mulai berbenah.

Saat ini beberapa fund manager terus berbenah sebelum menutup buku tahun ini. saat ini peluang investasi saham akan masuk pada tahun 2019, investor sudah bisa menilai saham yang lebih rendah risiko dan likuiditas tinggi. Hal ini menjadi pengaruh dana asing keluar masuk pasar Indonesia.

Dan hal tersebut merupakan sebuah mekanisme bertahan terhadap peningkatan volatilitas di pasar. Dan saham sektor konsumer bisa menjadi sebuah pilihan. Beberapa analis memperkirakan, keluar masuknya dana asing masih akan terjadi sampai April 2019.

Selain itu, ada beberapa pengaruh yang membuat pergerakan asing menjadi dinamis terutama jika melihat sentimen global. Rilis data global menyebutkan adanya perlambatan akibat adanya perangdagang hingga kisruh yang terjadi di beberapa negara Eropa. Dan melemahnya rupiah juga ikut mempengaruhi.