Home Saham Dampak Pajak Amerika, Bursa Asia Mixed

Dampak Pajak Amerika, Bursa Asia Mixed

329
0
SHARE

Pergerakan bursa saham global menjelang akhir pekan ini masih cenderung datar. Kondisi geopolitik Amerika Serikat (AS) dan beberapa kebijakan dari negeri Paman Sam tersebut masih memberikan sentimen untuk bursa saham termasuk bursa saham Asia. Menguatnya dollar pasca pernyataan The Fed yang berencana menaikan suku bunga acuan sekali lagi pada tahun ini cukup memberikan dampak untuk pasar global.

Pada perdagangan akhir pekan ini, Pasar saham Asia terpantau bergerak Mixed. Prospek reformasi pajak Amerika dan rilisnya data ekonomi Jepang menjadi penggerak pasar saham hari ini. Terpantau indeks Nikkei turun 0,35% ke 20.292. Indeks Hang Seng naik 0,30% ke 27.510. ASX 200 turun 0,14% ke 5.662.

Pada perdagangan hari ini, indeks dollar terlihat sedikit melemah setelah sebelumnya pada kamis dollar sempat perkasa. Pelaku pasar saat ini masih mempertimbangkan efek reformasi pajak AS. sebab penerapan kebijakan ini membutuhkan waktu lama. Pada hari sebelumnya, Bursa AS ditutup menguat dengan kenaikan Dow Jones Industrial Average 0,18% ke 22.381,20.

Sementara itu, Jepang baru saja merilis data ekonomo, yang dimana core consumer prices naik 0,7% pada bulan Agustus 2017 jika dibandingkan dengan periode yang sama ditahun sebelumnya. Angka tersebut merupakan kenaikan selama delapan bulan berturut-turut. Selain itu, penjualan Ritel Jepang naik 1.7% dibandingkan tahun lalu Angka ini lebih rendah ketimbang estimasi survei Reuters pada 2,6%.

Namun produksi industri justru tinggi dibandingkan dengan ekspetasi. Produksi industri Jepang bulan Agustus naik 2,1% ketimbang bulan sebelumnya. Estimasi hanya pada 1,9%.