Home PASAR SAHAM BURSA SAHAM Bursa Masih Kurang IPO Dari Emiten Besar

Bursa Masih Kurang IPO Dari Emiten Besar

237
0
SHARE
Informasi Bursa Saham Hari Ini

Minat perusahaan untuk bisa melantai di Bursa atau Go Public dipasar modal Indonesia pada tahun ini masih minim. Melihat data Bursa Efek Indonesia (BEI) per 6 Juni 2017. Baru ada delapan emiten yang mencatatkan saham perdana di Bursa. Bukan Cuma jumlah perusahaan nya initial public offering (IPO) yang minim. Namun emisi yang ditawarkan nya pun terbilang cukup kecil. Dari kedelapan emiten yang IPO tadi, hanya mengumpulkan dana ipo senilai Rp 974 miliar, atau rata-rata Rp 121 miliar.

Selain itu, yang masih dalam daftar antrian IPO juga terbilang masih cukup kecil. Bahkan rata rata nilai IPOnya masih dibawah Rp 100 miliar. Kehadiran emiten baru di BEI masih memberikan kontribusi minim untuk bisa meningkatkan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Sampai saat ini laju IHSG masih dipengaruhi sentimen dari luar bursa. Misalnya, langkah Standard & Poor’s (S&P) mengerek peringkat Indonesia ke level investment grade.

Jumlah perusahaan publik BEI masih cukup minim dibandingkan negara emerging market lainnya seperti Korea Selatan. Padahal, jumlah perusahaan yang terdaftar di Bursa sangat penting sebagai salah satu syarat bursa berkembang.

Saat ini beberapa perusahaan besar masih mempertimbangkan dan ragu untuk masuk IPO pada kuartal ke II tahun ini. Menunggu kondisi politik dan ekonomi stabil. Biasanya kondisi sudah stabil maka bisa untuk berinvestasi