Home Saham BUMI menerbitkan Right Issue 35 T, Dilusi mengintai

BUMI menerbitkan Right Issue 35 T, Dilusi mengintai

971
0
SHARE

PT Bumi Resources telah mengumumkan apa yang jadi hasil dari Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang telah dilakukan. Hasil dari rapat tersebut adalah, BUMI akan menerbitkan Rights issue, adu hak untuk memesan efek terlebih dulu atas 37,88 miliar saham baru yang nominalnya mencapai 35,1 T dimana per saham seharga 926,16.

Dileep srivasta, selaku direktur dan sekretaris perusahaan BUMI mengatakan, Rights issue ini akan dieksekusi pada bulan Mei atau Juni. Ia melanjutkan, hampir seluruh pemegang saham BUMI setuju akan penerbitan Rights issue tersebut. Beriringan dengan itu, BUMI juga akan menerbitkan Obligasi Wajib Konversi (OWK). Rights issue yang dilakukakn melalui penawaran umum terbatas (PUT) tersebut termasuk hak BUMI untuk membeli saham PUT dan OWK baru.

Mengkompensasi hak tagih yang dimiliki menjadi asam baru atau membeli wol dapat menjadi cara bagi kreditur BUMI untuk mengambil bagian saham baru. Untuk diketahui, penerbitan Rights issue ini akan menciptakan efek dilusi sebesar 50,8 % kepada pemegan saham lama yang tak menggunakan haknya dalam Rights issue tersebut.