Home Reksadana Buka cabang di Singapura, Mandiri Investasi incar nasabah Asia

Buka cabang di Singapura, Mandiri Investasi incar nasabah Asia

949
0
SHARE

menabung-untuk-investasi-masa-depanMandiri Investasi, anak usaha PT Bank Mandiri Tbk yang bergerak di sektor pengelolaan reksadana dan saham tahun lalu sudah membuka cabang di Singapura. Kantor itu akan berfungsi efektif sebagai agen investasi April mendatang.

Direktur Utama Mandiri Investasi Muhammad Hanif menuturkan sampai sekarang cabang di Negeri Singa ini belum melansir produk investasi tertentu. Kendati demikian, pemetaan potensi nasabah sudah dilakukan, dengan incaran utama adalah pemodal asal Asia.

“Anak usaha ini untuk melayani nasabah Asia, tetapi sebagai awalan, tentu dari Singapura dulu,” ujarnya di Jakarta, Senin (24/2).

Mandiri Investasi cabang Singapura bakal menjalin kerja sama dengan perbankan lokal di negara tersebut. Proses bisnisnya sama dengan yang dilakukan di Indonesia, yakni menjalankan penghimpunan dana privat (private equity fund) maupun institusi.

Kendati berlokasi di Singapura, Hanif mengingatkan belum tentu juga investor yang mereka dapatkan harus dari negara lain. “Jangan lupa, orang Indonesia menanamkan modal di sana hingga USD 140 miliar,” ungkapnya.

Mandiri Investasi menolak mengungkapkan target pertumbuhan nasabah tahun ini dari kantor cabang Singapura. Hanif menuturkan, jika berhasil break even point saja sudah menggembirakan, karena pihaknya baru menjajaki pasar.

Di sisi lain, anak usaha BUMN perbankan ini menargetkan pengelolaan reksadana mencapai total aset Rpn 27 triliun di akhir tahun. Capaian itu realistis, apalagi hingga pertengahan bulan ini, dana dikelola mencapai Rp 21,6 triliun.

Untuk mengejar target, perusahaan mengandalkan pertumbuhan nasabah ritel atau perorangan. “Maret rencananya kita bisa transaksi secara online di web mandiri investasi, kemudian nasabah bisa investasi mendebet rekening mereka. Sebab harus kita ingat nasabah reksadana adalah orang yang pendapatannya dari gaji tetap,” kata Hanif.