Home ANALISA SAHAM BI Igninkan KPEI Sebagai Penyelenggara Kliring Obligasi Negara

BI Igninkan KPEI Sebagai Penyelenggara Kliring Obligasi Negara

517
0
SHARE

Bank Indonesia menunjuk KPEI (Kliring Penjaminan Efek Indonesia) untuk menyelenggarkaan kliring atas transaksi Obligasi Negara pada pasar sekunder, dari yang ditransaksikan lewat bursa maupun yang ada di luar BEI (over the counter).

Hubungan kerja sama ini sebagai harapan besar yang akan dilakukan dalam meningkatkan kualitas dari data transaksi obligasi negara pada pasar sekunder. Tidak hanya itu sebagai mayoritas perdagangan obligasi negara pada pasar sekunder yang dilakukan di luar BEI.

“Dari sejak 2006 BI sudah menunjuk KPEI menjadi penyelenggara kliring lewat bursa pada pasar sekunder. Tanggung jawab ini akan diperluas 2007 untuk menjadi obligasi negara yang ada sekarang ini. Hal ini sebagai bentuk usaha dari pemerintah dalam membuka obligasi negara yang lebih efisiensi pada pasar sekunder,” tegas Sugeng disaat Penandatanganan Perjanjian Penyelenggaraan Kliring Obligasi Negara untuk pasar sekunder pihak BI dengan KPEI di BI, Jakarta Pusat, Senin 20 Maret 2017

Penyelenggaraan kliring obligasi yang di luar BEI segera dilaksanakan ketika sudah mendapatkan informasi transparan. Yakni informasi terkait harga penjualan surat utang serta pembelian secara realtime.

Hal itu sangat penting dilakukan untuk membentuk informasi harga terhaddap investor, sebagai mekanisme pembentukan harga yang lebih transparan, dan untuk meningkatkan efisiensi serta likuiditas yang ada di pasar sebagai cermin kondisi pasar surat utang agar efisien.