Home ANALISA SAHAM Belajar Analisa Saham

Belajar Analisa Saham

784
0
SHARE

Analisis saham harianInvestasi saham adalah salah satu bentuk investasi yang diminati belakangan ini. Investasi saham pada ummnya dapat memberikan keuntungan yang lebih besar dari bentuk-bentuk investasi lainnya terutama dalam jangka panjang. Namun walaupun begitu investasi saham juga memiliki resiko yang tinggi. Oleh karena itu sebelum melakukan investasi terlebih dahulu perlu dilakukan Analisa Saham yang akan dinvestasikan.

Analisa Saham dapat dilakukan melalui beberapa analisa, yaitu analisa fundamental dan analisa teknikal saham. Analisa fundamental saham didasarkam pada laporan keuangan perusahaan. Yang perlu diperhatikan jika mengunakan analisa ini adalah asset, biaya, hutang, penjualan, dan laba/rugi perusahaan, namun yang menjadi penekanan penting adalah laba perusahan. Laba perusaan yang terus meningkat akan juga meningkatkan harga saham yang dimiliki. Dengan kata lain semakin besar laba perusahaan maka semakin besar pula laba saham yang diperoleh. Kelemahan dari analisa ini adalah sulitnya memprediksi kondisi di masa depan.

Pergerakan saham yang cepat di pasar bursa tidak sebanding dengan publikasi laporan keuangan suatu perusahaan. Perubahan harga terjadi setiap saat, sementara laporan keuangan dipublikasi pada akhir periode keuangan. Sehingga setiap keputusan jual/beli akan dirasa terlambat.

Teknik lainnya adalah analisa teknikal saham. Indikator dasar dari teknik analisa ini adalah harga saham, yang dibagi kedalam empat kategori, yaitu harga pembukaan, harga terendah, harga tertinggi, dan harga penutupan. Keputusan investasi didasarkan pada pergerakan harga saham yang tersaji melalui grafik yang ada. Dari grafik pergerakkan inilah diidentifikasi tren pergerakan harga saham. Pola pergerakkan yang berulang akan mempermudah untuk menentukan kapan saat terbaik untuk membeli, menahan atau bahkan menjual saham. Dalam analisa teknikal terdapat dua asumsi penting, yaitu pergerakan harga tetap dalan tren tertentu dan pergerakan tren akan tetap hingga ada faktor X yang muncul yang mengakibatkan tren berubah.

Selain kedua teknik di atas ada lagi teknik Analisa Saham yang mengabungkan keduanya. Orang-orang yang mengabungkan kedua teknik ini dalam penerapannya merasa akan mendapat informasi yang lebih baik dan lebih akurat sebagai pertimbangan dalam melakukan investasi saham. Semoga penyajian teknik analisa saham ini dapat bermanfaat.