Home PASAR SAHAM BURSA SAHAM BEI Siap Beri Tindakan Tegas Kepada Emiten Yang Tidak Patuh Aturan

BEI Siap Beri Tindakan Tegas Kepada Emiten Yang Tidak Patuh Aturan

387
0
SHARE

Bursa Efek Indonesia (BEI) mengatakan akan melakukan tindakan tegas terhadap emiten yang tidak memenuhi ketentuan bursa. Direktur Utama BEI, Tito Sulistio mengatakan, pihaknya tidak akan berdiam diri ketika ada emiten yang melanggar aturan di Bursa.

“Siapapun yang tidak bisa patuh terhadap peraturan, tidak memberikan laporan keuangan berturut-turut, nantinya emiten akan disuspensi lebih dari 2 tahun, kita punya kewenangan untuk forced delisting.”ujar Tito.

Ia juga mengatakan jika BEI ingin menjadi otoritas yang tegas dan mengeksekusi peraturan dengan baik. sehingga bisa memperlihatkan kepada banyak pihak, terutama investor asing jika Bursa Indonesia tegas dalam mengeksekusi aturan.

Mengenai investor yang sahamnya terkena delisting, BEI akan memberikan kesempatan untuk pemegang saham untuk bisa menjual sahamnya. Terbukti dari Saham PT Inovisi Infracom Tbk (INVS) yang tidak akan didelisting sebelum 23 Oktober mendatang.

Pada sebelumnya, BEI memutuskan delisiting terhadap INVS per 23 Oktober. Jadi Bursa memberi tenggat waktu sebulan sebelum mengeksekusi delisting.

Sudah ada beberapa Emiten yang disuspen BEI selama dua terakhir, antara lain TRIO, GTBO, SIAP, TKGA, BRAU, SKYB, INVS, GMCW, TRUB, SQBB, dan juga BORN.