Home PASAR SAHAM PASAR MODAL BEI Berencana Buat Bursa Efek Syariah

BEI Berencana Buat Bursa Efek Syariah

103
0
SHARE

Bursa Efek Indonesia (BEI) saat ini masih melakukan kajian terkait pendirian Bursa efek Syariah di Indonesia. Oleh sebab itu, BEI saat ini sedang melakukan studi banding ke Dubai Financial Market (DFM) di Uni Arab Emirat. Rencananya Bursa efek syariah ini tidak berada di Jakarta melainkan akan dibangun di Surabaya, Jawa Timur.

Direktur Bursa Efek Indonesia, Tito Sulistio menjelaskan jika selama ini 70% broker saham bermarkas di Jakarta. Padahal ada daerah lain yang punya market besar. Jadi dengan wilayah berbeda tentu investor juga bisa bertambah. “ucapnya”

Pembentukan bursa efek syariah ini tidak sulit, sebab Indonesia sudah mempunyai produk syariah termasuk saham. selain itu, terkait pembangunan, BEI mengklaim jika berbagai hal seperti sarana sudah terbentuk jika nantinya pasar saham ini akan beroperasi di Surabaya.

Sebelumnya Bursa Efek Surabaya pernah ada di Jawa Timur sebelum akhirnya melebur dengan BEI. Sehingga nantinya BEI tingga menyempurnakan sarana yang sudah ada. BEI belum mematok target khusus, namun diharapkan bursa efek syariah ini bisa cepat beroperasi.

Rencana pendirian bursa syariah ini muncul setelah BEI mendapatkan masukan dari pengusaha yang disampaikan Kamar Dagang Industri (Kadin), yang dimana Kadin menyebutkan jika RI bisa jadi hub syariah, hub produk halal dunia, dan kami ingin promotori syariah stock exchange di Indonesia

Diharapkan nantinya jika sudah ada pasar modal syariah ini bisa memberikan dampak positif untuk industri keuangan syariah