Home PASAR SAHAM BURSA SAHAM BEI- Ada Dua Klub Sepak Bola Yang Berencana Untuk IPO

BEI- Ada Dua Klub Sepak Bola Yang Berencana Untuk IPO

702
0
SHARE

Belum lama ini Bursa Efek Indonesia (BEI) menginformasikan bahwa sudah ada dua klub sepak bola Indonesia yang berniat untuk mendapatkan pendanaan dari pasar modal dengan melepas sahamnya ke publik melalui penawaran saham perdana atau biasa dikenal dengan IPO. Dua klub sepak bola tersebut berasal dari Jawa, sebagaimana yang sudah disampaikan oleh Direktur Utama BEI, Tito Sulistio.

Walaupun demikian menurut Direktur Utama BEI, Tito Sulistio, mengatakan ada beberapa faktor yang masih menjadi kendala untuk klub sepak bola dalam negeri untuk melakukan IPO. Salah satu kendala tersebut adalah tentang penyusunan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK).

Ia juga menambahkan bahwa, sebagai perusahaan terbuka (Tbk), klub sepak bola juga harus mempunyai pembukuan keuangan yang sesuai sehingga akan mempermudah investor untuk melihat kondisi keuangan tersebut. sebab salah satu daya tarik investor adalah dengan menganalisa laporan keuangan dari klub sepak bola tersebut.

Pembukuan klub sepak bola nasional masih beranggapan bahwa pemainnya sebagai beban karena adanya pengeluaran gaji dan berbeda dengan klub sepak bola luar negeri yang mencatatnya sebagai Aset. Yang menjadi persoalaan dasar klub sepak bola Indonesia adalah pegawai dan pemain itu dianggap biaya. Diluar negeri dianggap sebagai aset.

Perlu diketahui juga, sudah ada beberapa klub sepak bola elit dunia yang mencatatkan namanya di Bursa saham seperti Manchester United Plc (MANU) yang sahamnya tercatat di Bursa Efek New York (NYSE). Juventus FC (JUVE), Societa Sportiva Lazio (SSL), dan AS Roma (ASR) yang tercatat di Bursa Efek Italia, dan Borussia Dortmund di Bursa Efek Frankfurt (BVB).

Diharapkan ada juga sepak bola Indonesia yang mencatatkan namanya di Bursa. Sebagai alternatif pembiayaan permodalan klub.