Home INVESTASI SAHAM Ekonomi Mikro & Makro Banyak Peluang Di Kredit Konstruksi

Banyak Peluang Di Kredit Konstruksi

738
0
SHARE

Terkait prospek dalam penyaluran kredit perbankan pada sektor konstruksi ternyata masih menjanjikan, paling utama di subsektor proyek dalam pembangunan kereta api, jalan darat, bandar udara dan jalan tol.

Dari data riset Indonesia Update sudah dipublikasikan Mandiri Institute pada bulan Maret 2017, melihat minat perbankan dalam penyaluran menyalurkan kredit pada sektor tersebut masih cukup tinggi. Sudah terbukti, dalam selama tahun yang lalu, pada saat menyalurkan kredit dalam sektor ini mampu tumbuh sebesar 24,2% dengan secara year on year, hasil tersebut memang sangat jauh lebih tinggi dari pada perkembangan kredit bank umum dalam periode yang sama tumbuh sebesar 7,8%.

“Pada sektor konstruksi menjadi prioritas dalam pembangunan infrastruktur dari pemerintah, dengan demikian lebih prospektif untuk dibiayai,” sesuai yang dikutip dari riset, Minggu (12/03/2017).

Walaupun keinginan pda penyaluran kredit di sektor konstruksi masih terbilang cukup tinggi, namun melihat kualitas kredit pada sektor konstruksi tetap berisiko.

Selama tahun 2016, rasio NPL serta kredit yang masih mendapatkan perhatian khusus “special mention”pada level 9,39%, catatan tersebut lebih tinggi dari rasio NPL dan juga special mention dengan kredit perbankan semuanya dalam periode sama masih sebesar 7,44%.

Namun, kualitas kredit yang ke tiga subsektor dalam proyek pembangunan kembali kereta api, bandar udara, serta jalan darat yang masih cukup baik, dari catatan rasio NPL semuanya mencapai 2,65%, 3,1%, dengan 3,83% .