Home ANALISA SAHAM ANALISA FUNDAMENTAL Bank Indonesia Siap Bangun Bisnis Keuangan Teknologi

Bank Indonesia Siap Bangun Bisnis Keuangan Teknologi

380
0
SHARE

Semakin bertumbuhnya Era Digital di Indonesia dan juga maraknya penggunaan Fintech atau Financial Technology di dalam negeri, Membuat Bank Indonesia (BI) akan memberikan ruang untuk bisa mengatur transaksi keuangan dengan teknologi yang sehat. BI sudah mempersiapkan Kantor untuk pengaturan bisnis Fintech di Indonesia dan sudah diresmikan oleh Gubernur Bank Indonesia dan diberinama dengan Bank Indonesia Fintech Office. (14/11)

Fintech Office akan berjalan dengan 4 fungsi yaitu. Fungsi Bussines Intelligence, fungsi katalisator,fungsi koordinasi dan komunikasi dan fungsi business intelligence. Selain itu akan dilengkapi juga dengan Regulatory Sandbox, yang bisa membatasi kegiatan dari unit usaha Fintech. Dan sudah seharusnya bisa memenuhi kriteria yang sudah ditetapkan BI.

Pemberlakuan Regulatory Sandbox agar para pelaku Fintech, yang masih didominasi oleh Startup dengan skala kecil, agar bisa memiliki kesempatan agar bisa mematangkan konsep dan berkembang dengan sehat. sehingga bisa mampu memiliki layanan finansial teknologi yang aman dan nyaman kepada masyarakat.

Fintech Office akan menjadi fokus utama BI dalam memahami Fintech dan selanjutnya akan menyediakan pengaturan yang bisa memberikan dukungan yang maksimal bagi perkembangannya. Sebab saat ini transaksi Keuangan teknologi sepanjang tahun ini sudah mencapai Rp 192.8 triliun.