Home PASAR SAHAM PASAR MODAL Awal Pekan, Rupiah kembali menguat

Awal Pekan, Rupiah kembali menguat

348
0
SHARE

Pada hari ini di awal pekan Rupiah terlihat mengalami penguatan sebesar 15 poin dan berada menjadi Rp 13.373. sebelumnya rupiah berada di posisi Rp 13.388 per dollar As. Sejak dari akhir pekan kemarin laju rupiah masih belum stabil namun sempat mengalami penguatan karena terdorong oleh sentimen positif dari domestik. Laju rupiang mengalami penguatan walaupun terbatas. Rupiah masih mencoba bangkit dengan mengandalkan sentimen positif dari data makro seperti neraca perdagangan pada bulan November 2016 yang surplus. Sehingga ini menjadi penopang untuk penguatan rupiah terhadap dollar AS ditengah the Fed yang baru saja menaikan suku bunga acuan sebesar 25 basis poin.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), neraca perdagangan Indonesia pada bulan November 2016 mendapatkan surplus sebesar 837.8 juta USD, dengan total raihan ekspor mencapai 13.49 miliar USDm dan nilai impor sebesar 12.65 miliar USD. Pasca The Fed menaikan suku bunga acuan sebesar 25 basis poin, Bank Indonesia (BI) tetap mempertahankan suku bunga acuan di level 4.75% yang dianggap masih bisa kondusif untuk menjaga nilai tukar rupiah tetap stabil. Sehingga hal ini diharapkan laju rupiah masih tetap bertahan di zona positif walaupun sentimen dari pelaku pasar terhadap the fed sudah sedikit mereda.

Sebelumnya pasca Amerika merilis data inflasi dan suku bunga acuan the fed yang naik, dollar As sempat menguat tajam sebelum akhirnya kembali mereda. Namun perlu diwaspadai juga terhadap penguatan dollar yang bisa kembali terjadi mengingat banyak sentimen di pasar global. Di lain sisi, harga minyak mentah dunia masih tetap bertahan dengan kenaikan ditengah ekspetasi menurunya surplus pasokan yang menjegal laju dollar AS terhadap kurs komoditas termasuk juga rupiah, namun rupiah masih belum terbebani tapi perlu di antisipasi juga dari sekarang.