Home Reksadana Aturan Baru Dari OJK

Aturan Baru Dari OJK

687
0
SHARE

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebentar lagi akan mengesahkan yakni dua aturan turunan langsung dari Undang-undang tentang PPKSK (Pencegahan dan Penanganan Krisis Sistem Keuangan). Penerbitan tperaturan turunan yang segera di terbitkan paling lambat satu tahun usai UU PPKSK akan disahkan.

Dari dua POJK yang segera diterbitkan mencakup recovery plan dan rencana dari aksi bank sistemik serta bridge bank.

“Pada bulan April sesuai dari amanat undang-undang Pencegahan dan Penanganan Krisis Sistem Keuangan PPKSK yang akan kami syahkan pada bulan di April, lebih tpatnya akhir April,” tegas Kepala Departemen Pengembangan serta Manajemen Krisis OJK Sukarela Batunanggar pada acara BI-APEC Financial Regulators Training Initiative yang diglear di The Westin Hotel, Nusa Dua, Kamis (02/3/2017).

Bank sistemik tengah diberikan tenggang waktu untuk segera membuat recovery plan sampai akhir tahun ini. Hal itu untuk mencegah dampak lanjutan pada krisis di bank sistemik pada sektor lainnya.

Di dalam aturan kedua terkait bridge bank dan bank perantara. POJK juga telah menyiapak aturan tentang perizinan bank sistemik yang akan dipergunakan untuk membuat bank perantara ke OJK.

“Bridge bank tersebut cuma membahas tentang perizinannya saja. Dan dalam programnya nanti akan mengedepankan dalam pengurusannya oleh pihak LPS, dari mulai syarat-syaratnya, tidak ketinggalan tentang permodalan tersebut yang seperti apa, dilanjutkan dengan tentang system pengurusnya yang seperti apa,” tegas Batunanggar.