Home PASAR SAHAM Astra Baru Serap 38% Capex

Astra Baru Serap 38% Capex

255
0
SHARE

Pada tahun ini, PT Astra International Tbk (ASII) memiliki anggaran belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp 21 triliun. Sampai saat ini, penyerapan Capex oleh Astra masih belum sampai separuhnya. Sampai akhir tahun nanti, Emiten masih punya beberapa rencana penggunaan capex baik untuk perseroan ataupun anak usaha.

Emiten berkode saham ASII ini baru menggunakan sekitar Rp 8 triliun belanja modal perushaaan. Dengan hasil itu, berarti penggunaan Capex perusahaan baru sekitar 38% dari anggaran awal. Sisa empat bulan hingga akhir tahun, ASII masih punya beberapa rencana pengalokasian capex.

Tidak hanya untuk ekspansi usaha, sisa capex yang masih berkisar Rp 13 triliun ini akan digunakan juga untuk anak usaha. Bukan hanya ASII, ada beberapa perushaan juga yang maish belum mengoptimalkan anggaran belanja modal ditahun ini.

ASII akan menggunakan sebagian sisa capex untuk kontruksi jalan tol dan kontruksi properti. PT Pamapersada Nusantara, bagian dari PT United Tractors Tbk (UNTR) selaku anak usaha ASII akan mendapatkan alokasi dana sisa capex untuk membeli alat berat. Lebih difokuskan untuk ekspansi jaringan otomotif biz perusahaan.

Seperti diketahui, pada bulan Agustus lalu, ASII baru saja meluncurkan Astra Biz Center yang kedua di Tangerang. Fasilitas ini memiliki nilai investasi sekitar Rp 777,25 miliar. Adapun ASII masih melihat daerah lain di luar Jakarta dan Bandung untuk ekspansi.