Home PASAR SAHAM BURSA SAHAM Arah Bunga Acuan BI Menjadi Fokus Utama Pasar Saham

Arah Bunga Acuan BI Menjadi Fokus Utama Pasar Saham

403
0
SHARE

Sebentar lagi Bank Indonesia (BI) akan memiliki Gubernur Baru sejalan dengan sudah habis masa baktinya Agus Martowardojo. Jika lolos verivikasi DPR, sudah dipastikan Perry Warjiyo menggantikan posisi Agus sebagai Gubernur BI.

Pelaku pasar juga ikut mencermati pergantian ini. yang menjadi fokus utama adalah arah suku bunga acuan BI dimasa kepempinan Gubernur BI yang baru untuk masa mendatang. Nantinya pemimpin BI periode 2018-2023 harus memperhatikan posisi mata uang rupiah sebelum menentukan tingkat suku bunga. Jika rupiah terus tergerus, bukan tidak mungkin BI harus menaikkan suku bunga

Menaikan suku bunga memang bukan cara populer untuk menjaga stabilitas rupiah. Namun cara ini perlu di coba, daripada nantinya pemerintah mempertaruhkan cadangan devisa. Sebab selama ini BI masih berkeyakinan memiliki cadangan devisa yang bagus. Namun masih harus berhati hati sebab pelaku pasar bisa saja menguji coba.

Beberapa analis menyebutkan, jika pelemahan rupiah yang terjadi saat ini karena dipengaruhi oleh faktor eksternal. Jika memang diperlukan, BI bisa mengintervensi pasar untuk menjaga stabilisasi nilai tukar.

Selain itu, untuk Gubernur BI yang baru untuk menaikan suku bunga sangat kecil, ekspetasi menurunkan suku bunga juga sudah berkurang sebab kemungkinan The Fed menaikkan suku bunga semakin besar