Home Investasi 9 Saham Baru Yang di Daftar Pada Transaksi Margin

9 Saham Baru Yang di Daftar Pada Transaksi Margin

1125
0
SHARE

Sepanjang perdagangan saham pada bulan Oktober ini terdapat sembilan emiten yang baru masuk dalam daftar saham margin. Bukan hanya itu, empat emiten diantaranya masuk dalam daftar saham short sell.

Saham margin adalah saham yang bisa ditransaksikan menggunakan fasilitas margin yang sudah disediakan oleh perusahaan sekuritas. Dengan fasilitas tersebut membuat investor bisa membeli saham beberapa kali lipat dari jumlah dana yang tersedia.

Sementara itu, Short sell merupakan saham yang mengizinkan investor meminjam dana (on margin) untuk menjual saham (yang belum dimiliki) pada harga tertinggi, dengan harapan bisa membeli kembali dan mengembalikan pinjaman saham ke perusahaan sekuritas saat harga saham turun.

Bursa Efek Indonesia (BEI) merilis lima dari sembilan emiten pendatang baru dalam daftar saham margin. Ke lima emiten tersebut adalah PT lotte Chemical Titan Tbk (FPNI), PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA), PT hartadinata Abadi Tbk (HRTA), PT Totalindo Eka Persada Tbk (TOPS) dan PT First Indo American Leasing Tbk (FINN).

Lalu empat saham baru dalam daftar saham margin yang masuk dalam saham short sell antara lain PT Integra Indocabinet Tbk (WOOD), PT mitra Komunikasi Nusantara Tbk (MKNT), PT Samudera Indonesia Tbk (SMDR), PT buyung Putra Sembada Tbk (HOKI)

Dari daftar saham yang masuk dalam daftar margin, tentu ada saham yang keluar. Berikut adalah saham yang keluar dari saham margin Oktober 2017 yaitu PT Acset Indonusa Tbk (ACST), PT Blue Bird Tbk (BIRD), PT Garuda Metalindo Tbk (BOLT), PT Budi Starch & Sweetener Tbk (BUDI), PT Ekadharma International Tbk (EKAD), PT Lautan Luas Tbk (LTLS), PT Manda Multifinance Tbk (MFIN).