Home Investasi 3 Tahun Terakhir Investor Ritel Terus Bertumbuh

3 Tahun Terakhir Investor Ritel Terus Bertumbuh

840
0
SHARE

Selama beberapa tahun ini, kondisi pasar modal tanah air cukup aman sehingga membuat daya tarik investor untuk masuk kepasar modal. Hal ini bisa terlihat dari bertambahnya jumlah investor ritel yang mengalami pertumbuhan selama tiga tahun terakhir. Pasar modal menjadi pilihan menarik oleh masyarakat untuk berinvestasi.

Mengacu pada data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), single investor identity (SID) pada tahun 2014 hanya berjumlah 364.465 SID. Lalu ditahun 2015 mengalami pertumbuhan dan tercatat di KSEI bertambah menjadi 434.107 SID.

Lalu ditahun 2016, jumlah investor dipasar modal melonjak hingga dua kali lipat. Pada tahun 2017 ini data KSEI menjukan jumlah SID mencapai 894.116. data per September 2017, total jumlah investor di Indonesia mencapai 1,06 juta jiwa, melonjak 191,57% year to date (ytd) sejak 2014 lalu

Mayoritas SID masih dikuasai oleh investor ritel. Namun ada kekhawatiran yang muncul jika meningkatnya jumlah investor ritel dipasar modal akan membuat tingkat volatilitas semakin tinggi.

Beberapa analis mengatakan, kondisi pasar saat ini relatif stabil. Saat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terus bergerak naik dan investor asing mulai keluar seperti saat ini, keadaan bursa akan tetap stabil alias bertahan.

Penambahan investor ritel hanya membuat pasar volatil saat indeks turun. Sebab investor Indonesia meruapakan spekulan yang berinvestasi untuk jangka pendek, jadi bukan untuk investasi jangka panjang.