Home ANALISA SAHAM ANALISA FUNDAMENTAL 2017, Emiten Media diprediksi akan membaik

2017, Emiten Media diprediksi akan membaik

858
0
SHARE

Sejalan dengan laju pertumbuhan ekonomi Indonesia yang diprediksi masih akan membaik pada tahun 2017, turut berimbas kepada kinerja emiten Media. Diperkirakan Emiten Media masih akan menorehkan hasil yang positif pada tahun depan. Berdasarkan pengamatan dari beberapa Analis, banyak yang memperkirakan belanja iklan atau Advertising Expenditure (Adex) bisa mengalami peningkatam hingga 10% pada tahun depan. Emiten Media terutama Televisi masih terus memberikan dominasi belanja iklan yang positif.

Sampai saat ini Emiten Media sudah mencatatkan belanja iklan Televisi 64%, media Cetak 19%, media online  12%, Media luar ruang 3% dan radio 2%. Belanja iklan memiliki kaitan dengan angka pertumbuhan ekonomi. untuk tahun depan, pertumbuhan ekonomi masih akan tinggi, Rupiah masih akan stabil dan inflasi rendah sehingga ikut mempengaruhi kinerja emiten media. Hingga akhir 2016, belanja iklan untuk emiten media diprediksi bisa naik 8% dan untuk tahun depan bisa tumbuh 10%. Karena pada sebelumnya di tahun 2015, pertumbuhan hanya 3%.

Namun untuk ditahun 2017, prospek televisi Free To Air (FTA) akan menjadi yang lebih menarik dibandingkan dengan televisi berbayar yang memiliki persaiangan yang ketat. Saat ini Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) masih unggu dengan pangsa pasar pemirsa sekitar 37.1%, PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) sebesar 25,6%, dan Trans Media sebesar 15,1%. Dengan hasil ini, diperkirakan Emiten tersebut masih akan bertumbuh untuk tahun 2017.